1. Pengertian
Sistem Operasi
Sistem
operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan
perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program
user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu dengan adanya
sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi
mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien.
2. Komputer
Von-Neumann
Merupakan
arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini
digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann
menjelaskan bahwa komputer memiliki 4 bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis
(ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat,
"bus".Gambarnya terlihat sebagai berikut
Penjelasan
gambar:
a. memori
adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang
burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi
ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus
dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan
suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang
menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah. Memori menyimpan berbagai
bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan
dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah
angka atau urutan angka-angka.
b. Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang
melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
c. Unit kontrol
menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU
untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori
yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya
(biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
d. I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive,
ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan
sebagainya.
3. Terangkan
beberapa istilah di bawah ini:
a.
Batch Batch system adalah dimana job-job
yang mirip dikumpulkan dan dijalankan secara kelompok kemudian setelah kelompok
yang dijalankan tadi selesai maka secara otomatis kelompok lain dijalankan.
b.
Job adalah program-program yang ada di batch sistem
yang akan dieksekusi oleh sistem operasi. Sedangkan pada sistem time sharing
program tersebut disebut task.
c.
Time Sharing System adalah suatu
teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut
waktu yang diperlukan pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin
cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU,
maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa
alat I/O secara bergantian.
d.
Multitasking adalah sebuah metode dimana
banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan
menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan
prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu,
berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan
tersebut. Multitasking memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan
mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain
menunggu untuk diolah dapat dikerjakan.
e.
Interactive Computing adalah software yang mampu
menerima input/masukan dari manusia seperti input data dan perintah.
f.
Response Time/waktu adalah waktu
tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim
permintaaan ke komputer. Secara umum, pengguna menginginkan bahwa program
aplikasinya dapat memberikan waktu tanggap yang sependek – pendeknya. Tetapi
waktu tanggap yang baik memang tidak dapat ditentukan, karena ada beberapa
aspek yang mempengaruhi, antara lain yakni ragam interaksi yang diinginkan dan
kefasihan pengguna dalam menjalankan program aplikasi tersebut. Selain itu,
watu tanggap yang berbeda – beda dapat mempengaruhi konsentrasi pengguna yang
pada gilirannya aka mempengaruhi kinerja pengguna. Waktu
tanggap ada 2 yaitu
a.
Waktu tanggap pada sistem iteraktif adalah waktu yang
dihabiskan mulai dari karakter terakhir dari perintah dimasukkan atau transaksi
sampai hasil pertama muncul di layar (terminal) disebut juga sebagai terminal
response time.
b.
Waktu tanggap pada sistem waktu nyata(real time)
adalah waktu dari saat kejadian(internal/eksternal) sampai instruksi pertama
rutin layanan yang dimaksud dieksekusi disebu event response time.
Kelompok
3
Ketua:
Tendi Rustendi (D3 Manajemen Informatika)
Anggota :
Daryati (D3 Manajemen Informatika)
Ade Rika (D3 Manajemen Informatika)
Balqis Rabbani (D3 Manajemen Informatika)
Caryono (D3 Manajemen Informatika)
Iyar Yuniarti (S1 Teknik Informatika)
Aziz Abdul B. (S1 Teknik Informatika)
Ketua:
Tendi Rustendi (D3 Manajemen Informatika)
Anggota :
Daryati (D3 Manajemen Informatika)
Ade Rika (D3 Manajemen Informatika)
Balqis Rabbani (D3 Manajemen Informatika)
Caryono (D3 Manajemen Informatika)
Iyar Yuniarti (S1 Teknik Informatika)
Aziz Abdul B. (S1 Teknik Informatika)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar