Social Icons

Pages

Rabu, 17 Oktober 2012

Istilah-Istilah Komputer

Berikut ini beberapa istilah yang ada dalam komputer :


1.                   ABI (Application Binary Interface) adalah pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.
2.                  Access adalah kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive. 
3.                  ACPI (Advanced Configuration Power Interface) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer.
4.                  Adobe Photoshop adalah perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.
5.                  ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines) adalah pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon.
6.                  AGP (Accelerated Graphics Port) adalah Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama.
7.                  ALGOL (Algortihmic Oriented Language) adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan dalam langkah-langkah yang terbatas. Umumnya untuk membuat program-program science.
8.                  Aligment adalah dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.
9.                  Allocate adalah instruksi untuk meletakkan sebagian memori komputer atau unit lainnya di bawah kontrol program komputer.
10.              Alpha Numeric adalah campuran antara karakter dan angka termasuk huruf (A-Z;a-z), tanda baca dan beberapa karakter khusus misalnya @, #, $, *, dan sebagainya.
11.              Alt Key adalah nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.
12.              ALU (Arithmetic and Logical Unit) adalah bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika dan juga data-data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.
13.              Anti Virus adalah program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.
14.              Amplitudo adalah tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.
15.              API (Application Programming Interface) adalah program aplikasi yang memberikan layanan yang diperlukan oleh suatu sistem, biasanya layanan khusus untuk aplikasi tersebut.
16.              APL ( ADA Programming Language) adalah bahasa pemrograman yang dirancang oleh para teoritikus yang dirancang untuk diterapkan pada terminal jarak jauh.
17.              APPC adalah kemampuan sebuah protokol SNA untuk mengadakan komunikasi antara beberapa program dalam jaringan tersebut tanpa menyertakan sistem host pada umumnya.
18.              Append adalah perintah dalam aplikasi pengolahan file untuk menambahkan sebuah record baru pada suatu file atau menggabungkan file baru dengan file lama.
19.              Application adalah  software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Ms-Word, Ms-Excel.
20.              Application Layers adalah lapisan paling atas dari protokol model OSI (Open System Interconnections). Tugasnya mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pertukaran data/informasi antara pemakai, software aplikasi maupun peralatan dalam sebuah sistem.
21.              Application Program adalah program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus, misalnya program penggajian.
22.              Application Interface adalah sekumpulan software yang memungkinkan programmer untuk memasuki suatu sistem dan memakai layanan yang disediakan di dalam suatu jaringan.
23.            Application Development Language adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang        digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dengan cara yang lebih mudah.
24.              Application Package adalah paket aplikasi lengkap, terdiri dari program tertentu yang dimasukkan di dalam memori komputernya berikut perangkat keras pendukung yang dibutuhkan (termasuk I/O device).
25.              Application Oriented Language adalah bahasa pemrograman yang secara khusus dikembangkan untuk memiliki kemampuan mengubah masalah pemrosesan kompleks menjadi cara yang lebih simple.
26.              ARP (Address Resolution Protocol) adalah protokol Internet yang meletakkan alamat Internet ke alamat perangkat keras pada LAN secara terus menerus.
27.              ARPANET Jaringan komputer yang dikembangkan dengan bantuan Advanced Research Project Agency, merupakan cikal bakal dari Internet.
28.              Array  adalah sebuah kumpulan yang terdiri dari data-data obyek dengan atribut yang identik.
29.              Ascending adalah urutan data dari yang terkecil hingga yang terbesar.
30.              Ascending Sort adalah teknik pengurutan dengan cara menyusun data atau informasi dari nilai terendah ke nilai tertinggi.
31.              ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah standar huruf dan tanda baca untuk komputer. ASCII merupakan kode berupa karakter 8 bit berbentuk angka 1 dan 0 untuk mewakili karakter-karakter alpha numerik.
32.              ASP (Application Service Provider) adalah suatu usaha yang menawarkan akses berupa penggunaan aplikasi perangkat lunak kepada pengguna individu maupun perkantoran melalui sarana Internet.
33.              Backbone Network adalah sistem sambungan utama dari jaringan terdistribusi dengan struktur hirarki.
34.              Background adalah warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman Web.
35.              Backslash adalah tombol keyboard bersimbol ‘\’; tombol ini sering dipakai saat bekerja dengan direktori.
36.              Backspace adalah tombol keyboard bersimbol ‘􀃅’ yang terletak di atas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus satu karakter sebelum kursor saat ini.
37.              Backup adalah salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.
38.              Bandwith adalah kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel.
39.              BASIC adalah bahasa pemrograman yang berjalan di bawah sistem operasi DOS, dirancang untuk digunakan para programmer pemula dari terminal interaktif. Versi BASIC ada bermacam-macam, antara lain BASICA, Turbo Basic dari Borland dan Quick Basic dari Microsoft.
40.              Basic Access Method adalah suatu metode pengaksesan di mana setiap pernyataan input maupun output mengakibatkan mesin yang dituju dapat melaksanakan perintah yang dimaksud.
41.              Binary adalah sistem penomoran yang digunakan komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0.
42.              Bit adalah unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol.
43.              Black Box adalah alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam.
44.              Block Body adalah sekumpulan pernyataan/perintah yang dituliskan setelah kepala blok dalam blok program komputer.
45.              Block Diagram adalah sebuah gambaran dari sistem, sirkuit atau program yang masing-masing fungsinya diwakili oleh gambar kotak berlabel dan hubungan diantaranya digambarkan dengan garis penghubung.
46.              Browsing adalah menelusur secara langsung buku tertentu pada kumpulan buku-buku yang dijajarkan di rak. Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan tepat dan cepat, pengguna harus memahami terlebih dahulu sistematika penyusunan koleksi perpustakaan.
47.              Broad Band adalah pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.
48.              Bug adalah kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik.
49.              Build adalah perintah dalam bahasa pemrograman untuk menjalankan kembali program yang dibuat dari awal.
50.              Built-in adalah istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.
51.              Built-in Check adalah hardware yang lebih mendahulukan mengatur ketepatan data daripada memindah atau menyimpan data ke dalam sistem.
52.              Bus adalah sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.
53.              Bus Topologi adalah salah satu bentuk topologi jaringan. Semua simpul (node) memiliki kedudukan sama. Apabila salah satu simpul mengalami kerusakan maka sistem jaringan tidak akan terganggu.
54.              Byte adalah informasi dengan panjang 8 bit.
55.              Byte Mode adalah model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte.
56.              Cache adalah berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.
57.              Cache Folder adalah disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.
58.              Cache Memory adalah memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.
59.              CAI (Computer Assisted Instruction) adalah software untuk membantu pemahaman siswa tentang suatu obyek. Aplikasinya berupa dialog antara siswa dengan komputer. Secara bertahap komputer akan memberi pertannyaan. Berdasarkan jawaban yang dimasukkan siswa, komputer akan memberi informasi apakah siswa melakukan kesalahan.
60.              Calculator Mode adalah terminal yang memiliki kemampuan penghitungan seperti kalkulator. Pengguna memasukkan sebuah ekspresi dan komputer akan mengevaluasi dan memberikan jawaban sesegera mungkin.
61.              CAM (Computer Aided Manufacture) adalah sistem komputer untuk mengatur dan mengawasi jalannya proses operasi suatu mesin.
62.              Cancel adalah digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.
63.              Canned Software adalah software yang telah dibuat oleh orang lain dan pengguna (user) tinggal membeli dan menggunakan saja.
64.              Caps Lock adalah tombol pada keyboard yang berfungsi mengubah semua tombol huruf menjadi huruf besar.
65.              Case adalah sebuah case komputer sebenarnya tak lebih dari rangka dari sebuah komputer.
66.              CD (Compact Disc) adalah suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.

67.              CD Drive (Drive CD) adalah suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).
68.              CD ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); digunakan dalam penyimpanan data komputer.
69.              CD RW adalah sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.
70.              CD RW Drive adalah alat pembaca Compact Disc yang digunakan untuk mengisi data ke CD RW.
71.              CD Title adalah Compact Disc yang berisi program-program komputer.
72.              Cell Pointer adalah dalam Microsoft Excell berarti tanda di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.
73.              CGA (Color Graphics Adaptor) adalah salah satu tipe monitor, yaitu standar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.
74.              CGI (Color Graphic Interface) adalah program komputer yang menjembatani program aplikasi dengan halaman Web.
75.              CGI (Common Gateway Interface) adalah satu set peraturan yang menerangkan bagaimana sebuah Web Server berkomunikasi dengan bagian-bagian lain dari mesin yang sama, dan sebaliknya. Setiap bagian dari sebuah software bisa jadi adalah sebuah program CGI, jika tugasnya adalah mengatur input dan output berdasarkan standard CGI.
76.              Channel adalah saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.
77.              Counter adalah sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.
78.              CPI (Character Per Inch) adalah satuan untuk mengukur kerapatan huruf dalam suatu naskah, diukur dari banyaknya karakter per satu inchi. Pada teks normal terdapat 10 karakter per inchi.
79.              CPS (Character Per Second) adalah satuan untuk mengukur kecepatan pengiriman data dalam sistem komputer. CPS dapat dijadikan sebagai satuan pengukur kecepatan printer.
80.              CPU (Central Processing Unit) adalah pusat pengolahan masukan sehingga menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.
81.              Channel Service Unit adalah sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna danWAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah kesalahan dan kegagalan proses transmisi.
82.              Current Mode Transmission adalah model pengiriman data dengan cara alat transmisi (transmitter) menggunakan arus listrik ke kedua konduktor kabel twisted pair secara bergantian sehingga terbentuk nilai 1 dan 0.
83.              Cursor adalah tanda yang dipakai di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.
84.              Character adalah sekelompok kecil bit yang pengaturannya memberikan arti tertentu.
85.              Character Oriented Protokol adalah jenis protokol data link yang menggunakan kode tertentu yang sudah disepakati untuk mengirimkan informasi serta mengendalikan transmisi.
86.              Check Point adalah status yang menunjukkan panjangnya suatu program berlangsung yang umumnya akan disimpan setiap beberapa waktu sekali.
87.              Check Register adalah register yang bertugas memeriksa keakuratan proses pengiriman dengan cara membandingkan pengiriman pertama dan pengiriman kedua sebuah data yang sama.
88.              Chip adalah bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.
89.              Chipset adalah chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer.
90.              CIM (Computer Integrated Manufacturing) adalah konsep penggabungan sistem komputer untuk membantu pengawasan proses perakitan.
91.              Circuit Board adalah sebuah papan sirkuit lengkap dengan komponen elektronik yang diletakkan dan disolder pada tempatnya.
92.              Circuit Switched Network  adalah model komunikasi yang jalur komunikasi tujuan untuk pengiriman paket-paket data/informasi sudah dibangun antara dua host.
93.              Clear adalah proses untuk mengatur isi register flag atau lokasi memori ke posisi nol.
94.              Click adalah istilah untuk mewakili pemilihan obyek/menu dengan menekan salah satu tombol mouse.
95.              Cut adalah menghilangkan sebuah obyek (teks atau gambar) dari layar monitor dan menyimpannya ke dalam clipboard.
96.              CWIS (Campus-Wide Information System) adalah sistem yang berfungsi untuk menyediakan informasi secara elektronik melalui jaringan bagi sebuah kampus atau universitas.
97.              Cyber Cafe adalah istilah untuk menggambarkan area terbuka untuk semua pengguna dalam Internet.
98.              Cybermetics adalah ilmu yang mempelajari komunikasi dan pengendalian dalam sistem penanganan informasi.
99.              Cyberspace adalah istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat diakses.
100.          Cylinder Serangkaian track yang tergabung dalam sebuah disk. Terdapat banyak pusat silinder sebagai track di atas satu disk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar